Sunday, May 4, 2008

LiteOn ke Wistron

LiteOn Menyerah ke Wistron

Di tanah air, LiteOn kondang sebagai merek drive optik, khususnya DVD drive, yang bagus, cepat. Namun sebenarnya di luar sana, merek ini juga memiliki displai digital. Tertarik untuk memilikinya? Anda terlambat!

Mengapa? Sebab konglomerat elektronik asal Taiwan ini sudah menjual bisnis displai digitalnya ke rekan senegaranya, Wistron. Unit tersebut dilepas LiteOn kepada perusahaan spin-off Acer itu dengan nilai US$ 300 jutaan.

Akuisisi ini, kata LiteOn, akan mencakup inventori, mesin-mesin dan IP, tetapi tidak termasuk tanah dan bangunan yang akan disewakan ke Wistron untuk jangka waktu pendek. Setelah itu, dalam kurun waktu satu sampai dua tahun, Wistron akan memindahkan peralatan ke pabriknya sendiri .

Sesungguhnya unit bisnis Digital Display LiteOn tidaklah kecil. Tahun 2007, begitu dilansir DigiTimes, unit tersebut menyumbangkan US$ 2,7 miliar (NT$ 82,75 miliar). Pada tahun itu, Wistron – yang mengkhususkan diri pada perakitan sistem, mengapalkan 700 ribu– 1 juta unit LCD TV. Mereka juga mentargetkan akan menggandakan angka itu menjadi 2 juta unit pada tahun 2008. Setiap tahun, sebut seorang sumber, LiteOn mengapalkan 8 – 9 juta unit produk displai.

Setelah menjual unit Digital Display-nya, LiteOn dikabarkan akan berkonsentrasi pada bisnis inti dan peningkatan laba. Mereka akan fokus ke power supply unit (PSU), dan mengembangkan pasar LED backlighting.

No comments: