Tuesday, April 1, 2008

Melindungi Komputer Rumah dan Infrastruktur Komputer Perusahaan

Melindungi Komputer Rumah dan Infrastruktur Komputer Perusahaan

Jaringan komputer dan internet tidak hanya mendekatkan kita pada dunia, tetapi membukakan mata kita untuk menatap jauh ke depan, berbagai kejadian dalam waktu yang relatif singkat, bahkan dalam hitungan detik, kejadian di seluruh dunia bisa diketahui dengan cepat. Lalu lintas data juga berjalan sangat cepat, tepat, dan akurat tanpa ada batas ruang dan waktu.

Penggunaan e-mail, data sharing, maupun data transfer kini sudah lazim dilakukan oleh hampir semua perusahaan, termasuk instansi pemerintah. Dengan demikian, tentu sangat diperlukan sistem keamanan yang andal dan bisa menghalau berbagai gangguan yang bisa menghancurkan data Anda.

Sebenarnya, saat ini banyak program antivirus, seperti McAffee, AVG, Norman, dan lain-lain, terus berupaya menciptakan inovasi baru agar antivirus mereka mampu menangkal berbagai ancaman yang membahayakan data. Microsoft sendiri selain fokus terhadap perkembangan sistem operasi yang beberapa waktu lalu meluncurkan Windows Server 2008, juga sangat peduli terhadap keamanan data, terutama gangguan worm, spam, dan virus.

Kepedulian Microsoft ini dibuktikan dengan hadirnya Microsoft Forefront. Microsoft membundel sistem ini dalam Forefront Client Security, Forefront Security for Exchange Server, dan Forefront Security for SharePoint. Forefront Client Security memberikan perlindungan terhadap malware pada komputer dan sistem operasi yang mudah dioperasikan.

Forefront Security for Exchange Server bertugas melindungi e-mail server perusahaan dari berbagai jenis virus, spam, dan sejenisnya. Sedangkan Forefront Security for SharePoint menawarkan penggabungan beberapa fitur pemindai virus untuk melindungi data perusahaan secara komprehensif, khususnya pada data-data penting dan rahasia.

Melindungi infrastruktur

Forefront dan Microsoft System Center merupakan dua produk terkini dan merupakan solusi keamanan yang komprehensif. Produk keamanan yang komprehensif dari hulu ke hilir yang tidak hanya dilengkapi dengan dua atau tiga fungsi pemindai, melainkan delapan fitur pemindai yang secara simultan dan terus-menerus melindungi infrastruktur TI, dengan tetap menjaga keseimbangan antara reliability dan performance.

Forefront bekerja menangani security, Microsoft System Center menawarkan fungsi untuk administrator dalam memonitor dan pengelolaan server secara proaktif. Aplikasi ini menyederhanakan proses yang sebelumnya harus dilakukan seorang administrator menggunakan beberapa aplikasi, dengan hanya satu aplikasi.

Forefront Security memberikan proteksi antivirus pada tingkat server dengan panduan mesin multiscan, juga mampu mengombinasikan mesin pemindai ke laboratorium antivirus di seluruh dunia, secara otomatis beberapa mesin akan melindungi data dari serangan virus. Dalam hal ini, pemakai dapat juga memilih beberapa mesin antivirus untuk diaktifkan.

Microsoft merekomendasikan apabila pemakai akan memasang program antivirus lainnya tidak masalah, namun harus sesuai yang direkomendasikan. Di antaranya adalah program CA, Norman Data Defense Systems, Sophos, AhnLab, VirusBuster, Authentium, dan Kaspersky Lab. Microsoft Forefront Security for Exchange Server memberikan dukungan terhadap anti-spam dari Edge Transport server role dengan menyertakan update penyaringan otomatis terhadap data yang mengandung spam khusus serta akses ke Microsoft IP Reputation Service.

”Server” dan ”Client”

Salah satu keunggulan Forefront Server Security adalah suatu antigen yang memiliki multiengine antivirus, tapi berada dalam satu platform. Keunggulan sistem seperti ini, jika pemakai menggunakan satu platform dengan satu engine, maka ada fenomena yang disebut Single Point Of Failure.

Fenomena bekerja ketika engine yang digunakan selalu di-update, tapi apabila ada virus yang menyerang dan engine tidak mengenal virus tersebut, maka bisa terjadi beberapa risiko, seperti server terserang virus dan menyebar ke dalam jaringan lokal. Maka, dapat dipastikan pemakai harus mengimplementasikan pemindai virus di beberapa layer. Hal ini bisa saja dilakukan, namun berkaitan dengan perawatan dan tentu saja biaya yang jelas akan lebih besar.

Hal demikian tentu sangat berbeda dengan mengimplementasikan Forefront Server Security karena biaya hanya untuk satu platform dengan mendapatkan sembilan engines dan bisa berjalan secara bersamaan lima engines sekaligus. Dari segi perawatannya jauh lebih mudah karena karena user interface-nya sangat sederhana. Selain sebagai antivirus, Forefront Server Security ini masih menyediakan fitur-fitur filtering seperti File Filtering, Keyword Filtering, dan White Listing.

Sedangkan di sisi client tentu akan sangat sesuai apabila diimplementasikan Forefront Client Security. Forefront Client Security adalah platform antivirus untuk tingkat file. Dia dapat diimplementasikan di platform Windows XP, Windows Vista, serta Windows Server 2003. Solusi ini ditujukan untuk perusahaan skala medium hingga enterprise.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum mengimplementasikan Forefront Security, secara umum dalam suatu jaringan ada dua sisi yang berbeda. Pertama, sisi server dan, kedua, sisi client. Karena antara client dan server merupakan dua hal yang berbeda.

Forefront Security server lebih difokuskan masalah yang berhubungan dengan keamanan secara management, policy, update definition, monitoring, dan reporting. Sedangkan di sisi client merupakan muara atau pemakai akhir dari suatu jaringan.

Seperti halnya di sisi server, Forefront Client Security juga di dalamnya telah dibundel antivirus, AntiSpyware, berupa Windows Defender dan Antimalware (MSRT). Sasaran utamanya adalah untuk perusahaan kelas menengah dan besar, meski demikian pengguna rumahan pun bisa saja menggunakan sistem ini.

Sebenarnya Microsoft sudah mendesain suatu produk antivirus untuk pemakai rumahan, yaitu Windows Live OneCare. Sistem ini cocok diimplementasikan pemakai rumahan yang menggunakan Windows Vista. Sebagai bahan uji coba, Microsoft membolehkan download secara gratis terutama untuk versi trial 90 hari.

Dengan melihat perkembangan jaringan saat ini, tampaknya Microsoft sudah jauh memandang ke depan bahwa semakin mengglobal suatu sistem, dapat dipastikan sangat diperlukan sistem keamanan andal, baik untuk server maupun client.
Tutang Pranata Komputer Madya di LIPI dan Penyandang Microsoft Most Valuable Professional

No comments: